Introduksi : Bagaimana Cara Memilih Warna Untuk Crochet

Saturday, February 27th, 2016 - Tutorial
toko benang rajut online

Pada postingan pertama ini, kami ingin membahas hal yang sebenarnya cukup ringan. Dengan adanya pilihan warna yang sangat banyak, terkadang muncul pertanyaan. Bagaimana cara memilih warna untuk crochet? Tulisan ini akan menuntun anda ke jalan yang benar :). Diharapkan kita dapat memilih warna yang pas dan cocok pada karya crochet kita. Tentunya kita tidak mengharapkan paduan warna yang saling tabrak sana tabrak sini. Mau bagus jadinya norak, kan nanti jadi sia – sia karya kita.

Tips Memilih Warna Crochet

Beberapa dari kita tentu ingat pelajaran ketika masih di bangku sekolah. Ya, pelajaran mengenai warna pelangi. Padu padan beberapa warna yang beragam akan menghasilkan energi yang berbeda. Beberapa orang sangat tertarik pada warna yang berbeda, beberapa orang juga tak mampu membedakan warna atau yang sering kita sebut buta warna. Bersyukurlah kita yang mampu membedakan warna secara normal, karena menghasilkan karya yang baik dibutuhkan sensitifitas soal warna yang sangat tinggi.

Mejikuhibiniu, adalah fonem sederhana yang kita ingat pada saat menghafal warna pelangi. Merah jingga, hijau biru nila dan ungu. Atau bagi anda yang bersekolah di luar negeri, tentu tak heran jika mendengar istilah Roy G. Biv atau Red, orange, yellow, green, blue, indigo dan violet. Ini adalah langkah paling dasar dalam pemilihan warna benang rajut untuk karya crochet kita.

Tanpa disadari, otak manusia diciptakan untuk memetakan segala sesuatu menjadi sebuah pola dan grup. Kita mengurutkan warna yang kita lihat pada otak dan pikiran kita, berdasarkan pada frekuensi dari cahaya yang dipantulkan oleh warna tersebut atau cahaya yang diserapnya. Putih misalnya, warna putih memantulkan seluruh frekuensi cahaya, sedangkan Hitam menyerap semuanya. Rahasia dari harmonisasi warna ini sangat menarik. Pada dunia benang rajut atau yarn yang mempunyai ratusan warna, ini akan jadi PR tersendiri. Sangat menarik untuk mengetahui tips memilih warna benang rajut ini.

Seperti kita ketahui ada 3 warna dasar : merah, biru dan kuning. Turunan ke dua adalah warna campuran seperti : hijau, jingga atau oranye dan ungu. Dan turunan ke tiga adalah warna dari turunan ke dua tadi dengan gradasi bertingkat. Seorang seniman menggunakan teknik ini untuk mencampur warna cat untuk melukis, lalu menghasilkan karya yang sangat luar biasa. Sementara pada benang rajut, kita tentu saja tidak mencampurnya seperti mencampur cat. Namun pengetahuan ini tetap dapat membantu kita untuk memilih warna benang rajut yang tepat sehingga dapat memberikan harmoni warna pada karya yang kita kerjakan.

Analogi Gradasi Warna

Analogi gradasi warna sangat bergantung pada warna primer atau warna dasar lalu ke warna turunan ke dua dan ketiga. Misalnya anda memilih warna biru, indigo (nila) dan ungu, di mana padanan warna ini akan memberikan gradasi yang sangat kalem.

biru nila ungu

Terkadang kita juga dapat memilih 2 warna dasar dan 1 warna yang merupakan campuran dari dua warna dasar tersebut. Misalnya warna merah, jingga (oranye) dan kuning. Jadilah kombinasi warna benang rajut yang menarik.

merah jingga kuning

Terkadang kita juga dapat menggunakan teknik sebaliknya atau yang dikenal dengan complementary shades atau memberikan kombinasi warna yang berlawanan. Ini merupakan teknik memilih warna benang rajut yang keren jika ingin memberikan gradasi mencolok pada pola strip atau garis. Contoh paling nyata adalah strip warna pada jersey olah raga. Misalnya mengkombinasikan warna kuning dan ungu.

sumber: blog love crochet

Dengan teknik di atas, kita jadi tertantang untuk lebih berani mengkombinasikan warna pada benang rajut secara tepat agar memperoleh hasil yang brilian pula. Nah, tunggu apa lagi. Mari berbelanja dan meluncur ke toko benang rajut terdekat, dan terpercaya tentunya. 🙂

Incoming search terms:

  • kombinasi warna benang rajut
  • kombinasi warna tas rajut
  • warna tas rajut yang bagus
  • perpaduan warna tas
  • warna benang rajut
  • paduan warna tas rajut
  • perpaduan warna tas rajut
  • perpaduan warna benang rajut
  • warna tas rajut
  • paduan warna tas rajutan

Pictures gallery of Introduksi : Bagaimana Cara Memilih Warna Untuk Crochet

toko benang rajut online
Introduksi : Bagaimana Cara Memilih Warna Untuk Crochet | Robee | 4.5
Leave a Reply